Akbid Cendrawasih Palu Edukasi Kesehatan Masyarakat Desa Loru.

Akbid Cendrawasih Palu Edukasi Kesehatan Masyarakat Desa Loru.

Foto bersama tim Dosen dan Mahasiswa Akbid Cendrawasih Palu, yang melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Loru Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, beberapa waktu lalu. FOTO: IST

Cendrawasih Palu, melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, dilakukan oleh Dosen dan Mahasiswa di salah satu desa binaan yakni  Desa Loru, Kecamatan Sigi-Biromaru, Kabupaten Sigi, beberapa waktu lalu.

Panitia pelaksana, Yuni Kristiani Tumani, S.ST., M.Keb, mengatakan, pada Kegiatan yang terintegrasi dengan mata kuliah Praktik Klinik Kebidanan Komunitas (Darbin) tersebut, Akbid Cendrawasih memberikan pelayanan penyuluhan tentang kesehatan kepada masyarakat di Kecamatan Sigi Biromaru tersebut.

Adapun penyuluhant kata dia, diantaranya penyuluhan tentang Bayi dan Balita, dan pembagian PMT, penyuluhan pada Ibu Nifas, penyuluhan pada Ibu Akseptor KB, PUS dan WUS, penyuluhan pada Lansia pada kegiatan Posyandu Lansia, yang bekerja sama dengan Bidan Pustu desa Loru dan Puskesmas Biromaru.

“Kegiatan pengabdian masyarakat ini kita memberikan beberapa penyuluhan kepada masyarakat di Desa Loru, tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid 19,” katanya kepada Sulteng Raya Kamis (11/2/2021).

Selain itu, pihaknya juga membuka kelas Ibu hamil, dalam kegiatan tersebut di lakukan skrining pemeriksaan gula darah, asam urat, cholestrol, pemeriksaan ANC, penyuluhan terkait kehamilan, dan senam ibu hamil, yang bekerja sama dengan Bidan Pustu Desa Loru.

Bukan hanya itu, pihaknya juga memberikan penyuluhan terkait protokol Covid-19, penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dan penyuluhan Germas yang selalu dilakukan setiap ada kegiatan pengabdian masyarakat.

Kegiatan itu merupakan kegiatan rutin yang mereka lakukan setiap tahunnya, dengan harapan melalui kegiatan tersebut dapat membantu masyarakat yang ada disetiap desa binaan.

“Karena ini masa pandemi, maka kita juga berikan penyuluhan protokol Covid-19, kami berharap, setiap kegiatan yang telah kami lakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Loru, tentunya ini akan terus kami lakukan, di desa-desa binaan kami,” ucapnya mengakhiri.JAN.


Berita Terkait