Sejarah Akbid Palu

Pendidikan nasional berakar pada kebudayaan bangsa Indonesia dan berdasarkan Undang Undang Dasar 1945 diarahkan untuk meningkatkan kecerdasan serta harkat dan martabat bangsa, mewujudkan manusia serta masyarakat Indonesia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berkualitas, mandiri, sehingga mampu membangun dirinya dan masyarakat sekelilingnya serta dapat memenuhi kebutuhan pembangunan nasional dan bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.
Penyelenggaraan Pendidikan Nasional yang mengacu pada Undang-Undang yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yaitu manusia yang beriman dan betaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian mandiri, maju, tangguh, cerdas, kreatif, terampil, berdisiplin, beretos kerja, profesional, bertanggung jawab dan produktif, serta sehat jasmani dan rohani.
          Upaya untuk mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional ini, terus dilakukan dengan membuka peluang bagi masyarakat sebagai mitra pemerintah, dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk berperan serta dalam penyelenggaraan pendidikan.
Kesempatan yang luas ini dikembangkan secara terpadu dan serasi baik antar berbagai jalur, jenis dan jenjang pendidikan, maupun antar sektor pendidikan dengan sektor pembangunan lainnya serta antar daerah di Indonesia.
          Secara khusus untuk jenjang pendidikan tinggi, pemerintah terus mengupayakan pembinaan dan pengembangan untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan atau profesional, serta kemampuan kepemimpinan, agar tanggap terhadap kebutuhan pembangunan serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Upaya untuk menempatkan Perguruan Tinggi Swasta sejajar dengan Perguruan Tinggi Negeri, merupakan suatu langkah pembinaan yang didasari oleh kenyataan dalam perkembangan masyarakat, bahwa kebutuhan untuk melanjutkan studi pada jenjang pendidikan tinggi, dari tahun ketahun terus meningkat, sedangkan daya tampung Perguruan Tinggi Negeri yang tersebar di seluruh Indonesia tetap terbatas, baik segi jumlah maupun jenis pendidikan yang ditawarkan.
          Uraian dasar-dasar pemikiran di atas, telah mendorong Yayasan Pendidikan Cendrawasih, sehingga tergerak hati nuraninya untuk ikut serta berpartisipasi aktif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dalam pengembangan Ilmu Kesehatan, khususnya dunia Keperawatan dan Kebidanan di Tanah Air, yaitu dengan membuka Program Studi (Prodi) D3 Kebidanan.

KEBERADAAN AKBID PALU SAAT INI
 
  1. Pendidikan Tenaga Kesehatan Akbid didirikan sejak tanggal 27 Oktober 2005 dengan SK mendiknas :154/D/O/2005.
  2. Surat Keputusan direktur Jenderal Pendidikan Tinggi  No. 7859/D/T/K-IX/2011 tentang Perpanjangan ulang Ijin Penyelenggaraan Program Studi Kebidanan Diploma Tiga ( D III ) pada Akademi Kebidanan Palu.
  3. Akademi Kebidanan Palu telah terakreditasi dengan Surat Keputusan BAN-PT No: 004/BAN-PT/Ak-X/Dpl-III/VI/2010 
  4. Diampuh oleh dosen-dosen pengajar yang berkualitas dengan latar belakang pendidikan S1, S2, dan S3 serta Ahli pada bidang ilmunya masing-masing
  5. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum Nasonal 110 SKS & kurikulum institusi (Mulok) 10 SKS dengan cara intrakulikuler dan extrakulikuler
  6. Program pendidikan mulai dilaksanakan sejak 1 Maret 2006 dan saat ini telah berjalan selama 10 angkatan